Sukseskan Pengamanan Pilkada Serentak 2024, Kapolres Lampung Tengah Pimpin Rakor Lintas Sektoral

24/08/2024 13:32:10 WIB 12

Kapolres Lampung Tengah, Polda Lampung AKBP Andik Purnomo Sigit, S.H., S.I.K., M.M dengan didampingi Dandim 0411/KM Letkol Arh. Rendra Febrandari Suparman, S.I.P memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral sebagai bagian dari persiapan pengamanan Operasi Mantap Praja Krakatau 2024-2025 diwilkum Polres Lampung Tengah, Sabtu (24/8/24) sekira pukul 10.00 WIB.

Rakor yang digelar di aula Rupatama Sutan Cakra Buana Polres Lampung Tengah ini diikuti oleh jajaran Forkopimda, Ketua KPU dan Bawaslu Kab. Lampung Tengah dan para PJU Polres Lampung Tengah.

Kapolres mengatakan, Rakor tersebut bertujuan untuk memastikan kesiapan dan koordinasi yang efektif antara berbagai Instansi terkait dalam menghadapi Pilkada serentak 2024 yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

“Selain membahas rencana operasi, Rakor ini juga membahas langkah-langkah preventif dan teknis untuk menghadapi potensi gangguan,” ujarnya.

Lebih lanjut, dalam sambutannya, AKBP Andik Andik Purnomo Sigit menekankan pentingnya sinergitas antara Kepolisian, TNI, Pemerintah Daerah dan seluruh pihak terkait lainnya guna menjaga keamanan serta ketertiban selama berjalanya rangkaian Pilkada seretak 2024, khususnya di Kabupaten Lampung Tengah.

“Oleh karena itu, perlu adanya rapat koordinasi lintas sektoral. Tujuannya adalah membahas persiapan Operasi Mantap Praja untuk mengawal dan mengamankan pelaksanaan tahapan Pilkada serentak, sehingga terwujud sinergitas dan koordinasi yang baik dalam menghadapi setiap tantangan, hambatan dan gangguan yang mungkin terjadi,” kata Kapolres.

Selain itu, Kapolres juga meminta kepada KPU sebagai penyelenggara dan Bawaslu sebagai pengawas pada Pilkada Serentak 2024 agar dapat melaksanakan tugasnya dengan profesional sehingga berjalan dengan aman dan lancar.

“Dengan adanya koordinasi yang baik, diharapkan pengamanan Pilkada tahun 2024 ini dapat berjalan aman, damai dan sejuk serta memastikan proses demokrasi berjalan dengan tertib dan lancar,” ungkapnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan paparan Kabag Ops Polres Lampung Tengah, Kompol Edi Qorinas, S.H., M.H lalu pemberian arahan, saran dan masukan oleh Dandim 0411/KM, Ketua KPU dan Bawaslu Kab. Lampung Tengah beserta jajaran Forkopimda yang hadir dalam Rakor tersebut. (Humas LT)

Share this post