Ajak Warga Jaga Kamtibmas Bersama Jelang Pilkada 2024, Sat Binmas Polres Lampung Tengah Gelar Lomba Satkamling

21/05/2024 12:00:00 WIB 1.523

https://tribratanews.lampung.polri.go.id. Guna menjaga Sitkamtibmas yang tetap aman dan kondusif jelang Pilkada serentak 2024, jajaran Polres Lampung Tengah, Polda Lampung melalui Sat Binmas menggelar lomba Satkamling (Satuan keamanan lingkungan) di wilayah hukum Mapolres setempat.

Tadi malam, Senin (20/5/24) sekira pukul 21.00 WIB, Kasat Binmas Polres Lampung Tengah, Kompol Yuswantoro beserta personelnya selaku Tim penilai dari Polres melaksanakan penilaian di Kel. Adipuro Kec. Trimurjo Kab. Lampung Tengah.

Turut hadir dalam giat tersebut yakni Camat Trimurjo, Kapolsek, Danramil, para perangkat Kelurahan Adipuro, para tokoh agama, tokoh masyarakat dan para Linmas Kelurahan setempat.

Mewakili Kapolres Lampung Tengah AKBP Andik Purnomo Sigit, S.H., S.I.K., M.M, Kasat Binmas Kompol Yuswantoro menjelaskan bahwa salah satu tujuan utama diselenggarakan Lomba Satkamling diwilkum Polres Lampung Tengah ini adalah untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap segala bentuk gangguan Kamtibmas.

Selain itu, kata Kasat Binmas, lomba Satkamling tersebut juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-78 yang jatuh pada 1 Juli 2024 mendatang.

“Tadi malam, kami sudah melaksanakan penilaian diwilkum Polsek Trimurjo, tepatnya di Pos Kamling Kelurahan Adipuro,” kata Kasat Binmas saat dikonfirmasi. Selasa (21/5/24).

Adapun yang akan dinilai pada perlombaan Satkamling ini, sambung Kompol Yuswantoro yakni peniaian SDM, kemudian kelengkapan sarana prasarana, giat operasional dan dukungan masyarakat serta pembinaan Satkamling.

“Bagi Satkamling di kewilayahan yang mendapat juara 1 pada perlombaan ini, nantinya akan di tampilkan di tingkat Polda Lampung,” imbuhnya.

Pihaknya berharap, melalui kegiatan ini dapat memotivasi kepada seluruh masyarakat untuk lebih meningkatkan kegiatan ronda malam atau Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di lingkungan masing masing, sehingga terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

"Karena keamanan bukan hanya menjadi tugas pihak Kepolisian, melainkan keamanan adalah tanggung jawab kita bersama,” ungkapnya.

Terakhir, Kasat Binmas juga meminta kepada seluruh lapisan masyakarat, khususnya menjelang Pilkada serentak 2024 untuk tetap menjaga persatuan, kesatuan dan kerukunan antar warga.

"Silahkan berbeda pilihan. Namun, jangan sampai hal tersebut menjadi polemik yang dapat memecah belah persaudaraan. Tetap kita hidup guyup rukun dan terus jaga kerukunan antar warga,” Demikian pungkasnya.

Share this post