Kapolres Lampung Tengah Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Krakatau 2023

04/09/2023 13:45:00 WIB 637

Kapolres Lampung Tengah AKBP Andik Purnomo Sigit, S.H., S.I.K., M.M, Memimpin apel gelar pasukan dalam rangka operasi Zebra Krakatau 2023  Senin (4/9/2023).

Operasi Zebra dengan tema "KAMSELTIBCARLANTAS YANG KONDUSIF MENUJU PEMILU DAMAI 2024".

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0411/KM yang diwakili oleh Pabung Kodim MAYOR INF. Agus Waluyo, Danyon B Pelopor Gunung Sugih, Kompol Jemmy yudanendra, S.H S.I.K , Kajari Lamteng, Dedi Kurniawan, S.H,. M.H, Kadishub Lamteng diwakili Kasi rekayasa Lalu Lintas Awet Agung Abadi,S.H , Kasat Pol PP Lamteng diwakili kasi Pol PP Fauji  para PJU Polres Lamteng, para Kapolsek jajaran serta para peserta apel (Gabungan Anggota Polres Lamteng, TNI, Sat Brimob, Dishub, Pol PP, Senkom dan banser)

Kapolres Lampung Tengah AKBP Andik Purnomo Sigit. SH. SIK. MM, dalam amanatnya menjelaskan permasalah dibidang Lalu Lintas dewasa ini telah berkembang dengan cepat, dan dinamis.


Hal ini Sambung Kapolres sebagai konsekwensi dari meningkatnya jumlah  kendaraa  bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan transportasi  sebagai sarana mobilitas dalam hal memenuhi kebutuhan hidupnya.


Dalam amanat Kapolda Lampung yang dibacakan Kapolres Lampung Tengah, juga menyoroti persoalan publik yang sudah berada dalam genggaman cukup denhan menggunakan alat komunikasi

"Modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi kinerja Polri, khususnya polisi lalu lintas, " ujarnya.


Sehingga sambungnya mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modrnisasi transporyasi. Diantaranya adalah ETLE, SIIM online (Sinar) signal (Samsat Digital Nasional) E -Samdes (Samsat Desa).


"Kita ketahui bersama, beberapa waktu kedepan tidak lama lagi bangsa Indonesia akan melaksanakan perhelayan besar yaitu, Pemilu 2024," terangnya.


"Dimana kita semua harus mendukunh pelaksanaan Pemilu 2024,  sehingga khususnya masyarakat dapat melaksanakanya.


Melaksanakan pesta Demokrasi lima tahunana dengan aman dan nyama  untuk terwujudnya  Pemu yang damai pada tahun 2024.

"Pada kesempatan ini juga saya mengingatkan kepada seluruh  anggota Polri berkomitmen untuk tetap netral dan menjaga kesetabilan dan ketertiban  masyarakat. Sehingga proses demokrasi dapat berjalan lancar dan damai, " tegas Kapolda.


Dengan adanya sinergitas baik institusi pemerintah penyellenggara Pemilu maupun masyarakat menjadi kunci utama untum mempertahankan nilai persatuan dan kesatuan bangsa.

Ops Zebra Krakatau 2023 akan digelar selama 14 dimulai dari 4 s/d 17 September 2023. Secara serentak dalam rangka mendukunh menuju Pemilu damai. Dengan meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.


"Ops Zebra Krakatau 2023 mengedepankan kegiatan edukatig dan persuasig serta humanis didukung penegakan hukum secara elektronik dan teguran simpatik. Tujuanya adalah menurunkan angka pelanggaran Laka Lantas dan angka Fatalitas serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas diwilayah Hukum Polda Lampung.


Sasaran Operasi Zebra Krakatau 2023, yakni
Segala bentuk potensi gangguan (PG) ambang gangguan (AG) dan gangguan nyata  (GN) yang berpotensi mengakibatkan kemacetan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, baik sebelum, pada saat maupun pasca Ops Zebra Krakatau 2023.

Dengan 7 Prioritas pelanggaran 
1. Pengemudi  atau Pengedara Ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara

2. Pengemudi atau Pengedara Ranmor yang masih dibawah Umur3. Pengemudi atau Pengedara Ranmor, yang berboncengan lebih dari satu.
4. Pengemudi atau Pengedara Ranmor yang tidak menggunakan helm SNI dan pengemu atau pengendara yang tidak menggunakan Safety Belt
5. Pengemudi atau Pengedara Ranmor yang dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol.6. Pengemudi atau Pengedara Ranmor yang melawan arus (Contra Flow)
7. Pengemudi atau Pengedara Ranmor yang melebihi batas kecepatan.

Kapolres Lamteng mengingatkan anggotanya agat selalu berdoa saat memulai pekerjaan.

"Niatkan sebagai ibadah saat melangkah menunaikan tugas, " pungkas Kapolres Lamteng AKBP Andik Purnomo Sigit

Share this post