Ops Keselamatan Krakatau 2023, Sat Lantas Polres Lampung Tengah Beri Himbauan Tertib Berlalu Lintas

08/02/2023 13:09:00 WIB 2.187

Tribratanews.lampung.polri go.id : Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas, salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan.

Dihari Kedua Operasi Keselamatan Krakatau 2023, Sat Lantas Polres Lampung Tengah,Polda Lampung melakukan Razia Kendaraan R2 dan R4 di Jalan Lintas Tengah Sumatera tepatnya di tugu Pepadun,Gunung Sugih,Lamteng. (8/2/23).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Lampung Tengah AKP Ipran,SH mewakili Kapolres AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya,S.I.K.,M.Si.

Kasat Lantas mengatakan Ops Keselamatan Krakatau 2023 yang dilaksanakan selama 14 hari dimulai dari tanggal 7- 20 Februari 2023 dengan tujuan berkurangnya angka kecelakaan dan pelanggaran lalulintas, meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalulintas, terciptanya Kamseltibcar yang aman dan nyaman menjelang Rari Raya Idul Fitri Tahun 2023.

“Dengan adanya operasi yang mengedepankan giat preemtif dan preventif secara humanis, sehingga pesan juga dapat diterima dengan mudah serta menjadi perhatian masyarakat untuk lebih disiplin dalam berlalu lintas, guna meminimalisir fatalitas kecelakaan di jalan raya,”jelasnya.

Untuk itu, Kasat Lantas mengimbau kepada seluruh masyarakat Kab. Lampung Tengah untuk mematuhi aturan dan rambu rambu lalu lintas selama berkendara di jalan raya.

“Kami mengimbau untuk penggunaan helm SNI bagi pengendara R2 dan dilarang berboncengan lebih dari 1 orang serta untuk R4 agar selalu mengunakan Safety Belt, tidak bermain Handphone saat berkendara,”imbaunya.

Kasat Lantas juga menghimbau kepada seluruh pelaku usaha angkutan kendaraan untuk tidak kelebihan muatan / Over Dimensi dan Over Loading (ODOL).

“Karena kendaraan dengan muatan berlebih dapat menyebabkan fatalnya laka lantas.”ungkapnya.

Lebih lanjut,sambung Kasat Lantas dalam pelaksanaan razia ini kami juga mengikutsertakan tim Dokkes Polres Lampung Tengah, untuk mengecek kesehatan petugas guna memastikan kondisi yang sehat dan prima dalam menjalankan tugas melayani masyarakat.

“Selain petugas, para pengendara,bila kita temukan dalam kondisi kurang fit, kita berikan obat, seperti vitamin dan air minum,”ungkapnya.

Pihaknya berharap,bagi seluruh masyarakat khususnya para pengguna jalan dapat mengerti dan memahami serta mendukung operasi tersebut guna mencegah terjadinya pelanggaran maupun kecelakaan lalulintas dalam rangka menciptakan situasi yang aman dan kondusif diwilkum Polres Lampung Tengah,”demikian pungkasnya. 

Share this post