Siap Amankan Pilkada, Kapolres Lampung Tengah Pimpin Apel Gelar Pasukan OMP Krakatau 2024-2025

24/08/2024 13:30:46 WIB 16

Menjelang Pilkada Serentak Tahun 2024, jajaran Polres Lampung Tengah, Polda Lampung menggelar Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Mantap Praja (OMP) Krakatau 2024-2025, di lapangan apel Mapolres setempat, Sabtu (24/8/24) pagi.

Apel yang dipimpin oleh Kapolres Lampung Tengah, Andik Purnomo Sigit, S.H., S.I.K., M.M dengan didampingi Dandim 0411/KM Letkol Arh. Rendra Febrandari Suparman, S.I.P tersebut juga dihadiri oleh Forkopimda, Ketua KPU dan Bawaslu Kab. Lampung Tengah, FKUB, Ormas beserta seluruh tamu undangan lainnya.

Operasi ditandai dengan penyematan pita secara simbolis kepada perwakilan dari personel Polres Lampung Tengah, Kodim 0411/KM, Brimob dan Satpol PP oleh Pimpinan Apel.

Dalam amanatnya, Kapolres menyampaikan bahwa apel gelar pasukan merupakan bentuk inspeksi akhir kesiapan dari personel serta sarana prasarana operasi, agar Pilkada Serentak Tahun 2024, khususnya di Kabupaten Lampung Tengah ini dapat terselenggara dengan aman, tertib, dan lancar.

Maka dari itu, Polres Lampung Tengah bersinergi dengan Kodim 0411/KM, Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Tengah, Instansi terkait, dan mitra Keamanan lainnya untuk mengamankan setiap tahapan Pilkada Serentak Tahun 2024.

Kemudian, kepada awak media, orang nomor satu di jajaran Polres Lampung Tengah tersebut menyatakan bahwa Polri siap mengawal dan mengamankan setiap tahapan Pilkada Serentak tahun 2024 dengan sebaik-baiknya serta berupaya mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman, damai dan kondusif diwilkum Polres Lampung Tengah.

“Guna mencegah terjadinya polarisasi, kami juga telah melakukan patroli cooling system memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat,” ujarnya.

“Polri juga berkomitmen akan memberikan rasa aman kepada para penyelenggara dan peserta Pilkada tahun 2024, serta menjamin masyarakat agar dapat menggunakan hak pilih sesuai hati nuraninya,” ungkapnya.

Disisi lain, kata AKBP Andik, Polri bekerjasama dengan Kejaksaan dan Bawaslu melalui Sentra Gakkumdu untuk dapat menyelesaikan dengan tuntas setiap pelanggaran Pilkada yang terjadi.

Dalam hal ini, Kapolres Lampung Tengah menegaskan bahwa Polri tetap netral dan tidak berpihak kepada salah satu Paslon manapun.

Kemudian, bagi para Paslon yang mengikuti kontestasi pada Pilkada 2024 ini, Kapolres berharap agar semuanya untuk siap menang dan siap kalah.

“Saya berharap, bagi para Paslon yang mungkin kalah atau kurang beruntung nantinya, silahkan mempertanyakan prosesnya atau ketidakpuasannya kepada pihak yang berwenang. Janganlah memobilisasi massa, memprovokasi, sehingga menimbulkan kegaduhan Kamtibmas dan lain lain,” harapnya.

Lebih lanjut, terkait kemungkinan konflik perbedaan pilihan, Kapolres Lampung Tengah AKBP Andik Purnomo Sigit kembali mengimbau kepada seluruh masyarakat agar bersama-sama menciptakan situasi yang kondusif.

"Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat, walaupun nantinya berbeda pilihan, jangan sampai hal tersebut menjadi polemik yang dapat memecah belah persaudaraan," pesannya.

"Tetap kita guyup rukun dan terus jaga persatuan, kesatuan, kerukunan antar warga,” ungkapnya.

Terakhir, Kapolres berpesan kepada seluruh personel yang terlibat dalam Operasi Mantap Praja Krakatau 2024-2025 agar mempersiapkan mental dan fisik serta berdoa kepada Allah SWT, supaya setiap pelaksanaan tugas kedepan selalu diberikan keselamatan dan kelancaran. (Humas LT)

Share this post